Penuh dengan inovasi ekspose kepala desa sukatani dalam lomba desa

03 Maret 2023
Dibaca 154 Kali
Penuh dengan inovasi ekspose kepala desa sukatani dalam lomba desa

Kamis 02 Maret 2023 Rombongan pemerintahan Desa Sukatani berangkat menuju lokasi lomba. 

Dalam lomba yang di gagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purwakarta (DPMD) ini diikuti 17 Desa Dari 17 kecamatan yang ada dikabupaten Purwakarta. Desa Sukatani mewakili 14 Desa yang ada dikecamatan Sukatani. Kecamatan darangdan selaku tuan rumah diwakili oleh desa Sadarkarya dan Desa Pangkalan menjadi perwakilan dari Kecamatan Bojong. 3 Desa Tersebut mewakili kecamatannya masing-masing. 

Desa Sukatani menjadi Desa pertama yang tampil dalam lomba tersebut, ada beberapa kategori penilaian yang akan menjadi fokus dalam lomba ini diantaranya. 

Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan Bidang Kemasyarakatan dan tentunya Ekspose dari Kepala Desa. 

Kepala Desa Sukatani Abdul Azis Tb Limbong dalam eksposenya lebih mengutamakan inovasi yang sedang berjalan didesa sukatani. 

Kepala Desa Sukatani menyampaikan Desa Sukatani adalah Desa Dengan jumlah penduduk terbanyak dengan jumlah 12.464± Jiwa Dengan luas wilayah 16.250± Ha. Tidak mudah memimpin satu Desa dengan jumlah penduduknya hampir sama dengan jumlah penduduk satu kecamatan, jika tidak memiliki konsep membangun dengan cermat maka dipastikan Desa tersebut akan tertinggal dan jalan ditempat, Dengan konsep pembangun "Panca Niti" Kurang lebih dari 1 tahun Desa Sukatani sudah menyandang predikat Desa Mandiri dengan kategori berkembang cepat. 

Pancaniti adalah sebuah konsep membangun dengan 5 tahapan

Niti Harti,Niti Surti, Niti Bukti, Niti bakti dan Niti Sajati. 

Jika semua tahapan itu sudah dikuasai maka dapat dipastikan kita akan mendapatkan sebuah kemadirian. 

Dari semua tahapan pancaniti tersebut lahirlah berbagai inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan Desa Sukatani. 

Dibidang pemerintahan kita melahirkan yang  inovasi yang namanya Debagi Desa Berbasis Digital Debagi menjadi sebuah inovasi dalam meningkatkan kinerja perangkat desa, dimana Desa Sukatani menerapkan yang namanya Absental (Aplikasi Akuntabilitase Digital) Setiap perangkat Desa harus absen datang pagi hari dan absen pagi pada sore hari, lalu ada yang namanya Lakipdes (Laporan Kinerja Perangkat Desa) setiap pulang kerja perangkat Desa harus melaporkan kinerja masing2 setiap harinya. 

Dibidang kesehatan Desa Sukatani memiliki yang namanya Kasatdes (Kartu Sehat Desa) kartu sehat ini lebih ke mengcover warganya yang tidak terdaftar di NIB dan BPJS kesehatan dan kartu sehat ini bekerja sama dengan klinik swasta. 

Dan masih banyak lagi program2 yang dipaparkan oleh kepala Desa Sukatani Abdul Azis Tb Limbong dan yang terpenting itu semua sudah tertuang dalam Peraturan Desa.